87 / 100

Tips Menyimpan Sprei Agar Sprei Tidak Berbau Apek dan Berjamur – Salah satu hal yang membuat kita nyaman saat tidur selain tempat yang bersih, adalah kasur yang empuk dan ruangan yang dingin/sejuk. Hal yang sering diabaikan dan hampir tak pernah terpikirkan bahwa faktor kenyamanan juga terdapat pada sprei dan bedcover yang digunakan. Kerap kali kita tidak sadar kalau sprei yang kita gunakan juga harus kita rawat dan disimpan dengan baik. 

Terlalu lama menyimpan Sprei/Bedcover sering kali mengakibatkan sprei/bedcover menjadi berbau apek bahkan hingga berjamur. Hal ini akan sangat mengganggu kenyamanan tidur anda. Sehingga sprei yang sudah bersih dan siap dipakai harus kembali dicuci sebelum memakainya. Untuk menghindari sprei menjadi berbau apek dan berjamur saat disimpan. Berikut tips menyimpan sprei dengan tepat agar tidak berbau apek dan berjamur.

 

1. Pastikan Sprei/Bedcover dalam Keadaan Benar-benar Kering

 

Tips Menyimpan Sprei Agar Tidak Berbau Apek dan Berjamur

adela.co.id

 

Tips pertama menyimpan sprei agar tidak berbau apek dan berjamur antara lain, anda harus memastikan sebelum sprei/bedcover disimpan, kain sprei/bedcover telah benar-benar kering dan tidak ada bagian yang masih basah ketika menyimpan. Hal ini penting untuk dilakukan agar kain sprei tidak berjamur dan berbau apek. karena kain yang basah adalah penyebab utama dari bau apek dan memicu tumbuhnya jamur.

 

2. Memilah Sprei/Bedcover

 

Tips Menyimpan Sprei Agar Tidak Berbau Apek dan Berjamur

adela.co.id

 

Cara menyimpan sprei dengan tepat selanjutnya dengan memulai untuk memilih dan memilah sprei berdasarkan motif, ukuran dan warna sprei. Tujuan ini untuk memudahkan anda dalam pemakaian kembali dan tidak perlu repot untuk mencari-cari pasangan dari sprei. Dengan bisa anda masukkan dalam sarung bantal sehingga akan tersimpan dengan rapi dan 1 tempat dalam 1 set sprei/bedcover.  Bila anda menemukan sprei yang sekiranya sudah rusak atau tidak bisa digunakan kembali sebaiknya segera singkirkan.

 

Jangan langsung membuang kain sprei atau bed cover yang sudah rusak. Anda bisa menggunakannya sebagai bahan lain yang lebih bermanfaat. Misalnya anda dapat memanfaatkan kain sprei yang sudah rusah untuk digunakan sebaga kain serbet. Caranya cukup mudah dengan memotong kain sprei yang sudah tidak digunakan menjadi beberapa bagian kecil seukuran kain serbet pada umumnya. Dan pastikan jangan lupa untuk mencucinya sebelum digunakan.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 5 Kelebihan Sprei dan Bed Cover Adela

 

3. Simpan pada Tempat yang Kering

 

Tips Menyimpan Sprei Agar Tidak Berbau Apek dan Berjamur

adela.co.id

 

Tips menyimpan sprei berikutnya dengan melipat sprei/bedcover anda kemudian simpan sprei yang telah dilipat dengan rapi dalam lemari yang kering dan bebas lembab. Sangat dianjurkan untuk menghindari menyimpan sprei dan perlengkapan tidur lainnya dalam lemari plastik karena akan membuat kain lembab dan berjamur. Sebelum menyimpan sprei ke dalam lemari, anda bisa memasukkannya ke dalam kantong plastik yang transparant. Hal ini bertujuan agar sprei atau bedcover tidak mudah kotor. Akan tetapi, pastikan plastik yang anda gunakan untuk menyimpan sprei dan bed cover merupakan plastik kering yang bersih. Jangan sampa plastik dalam kondisi basah atau lembab karena akan membuat sprei anda berjamur dan malah memimbulkan bau yang apek.

 

4. Lapisi Permukaan Kain dengan Acid Free Tissue Paper

 

Tips Menyimpan Sprei Agar Tidak Berbau Apek dan Berjamur

adela.co.id

 

Tips menyimpan sprei selanjutnya adalah dengan melapisi permukaan kain dengan acid free tissue paper sebelum disimpan di dalam lemari. Hal ini untuk mencegah kain sprei tidak menguning. Jika perlu permukaan tempelkan dry sheet atau pewangi pakaian agar aroma sprei tetap segar dan tidak berbau. Sebelum mengaplikasikan pewangi pada sprei, pastikan dahulu bahwa pewangi yang anda gunakan tidak akan merusak kain serta serat dari sprei dan bed cover anda. Biasanya ada pewangi yang justru merusak kain dan akan membuat kain menjadi kuning. Tentu ini akan membuat sprei dan bed cover anda mudah sekali rusak.

 

5. Beri Label pada Tiap Sprei

 

Tips Menyimpan Sprei Agar Tidak Berbau Apek dan Berjamur

adela.co.id

 

Tips menyimpan sprei yang terakhir adalah untuk anda yang suka mengoleksi sprei/bedcover atau anda yang memiliki banyak sprei dengan ukuran yang berbeda-beda sebaiknya berilah label pada tiap-tiap sprei sesuai dengan ukuran ranjang tempat tidur anda, hal ini dimaksudkan agar sprei lebih mudah ditemukan saat akan digunakan. Dengan mengelompokkan sprei sesuai ukuran dan warna, akan membuat lemari penyimpanan anda semakin terlihat lebih rapi dan tertata.

DAPATKAN PENGHASILAN TAMBAHAN DARI
ADELA SPREI & BED COVER

DAFTAR SEKARANG

WhatsApp WhatsApp us